Kamis, 11 Juni 2015

Contoh RPP Sejarah Kebudayaan Islam

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELEJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      :  Mts. Manaratul Islam
Mata Pelajaran            :  Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas / Semester          :  VII (Tujuh) / Ganjil
Materi Pokok              :  Biografi dan Keteladanan Khalifah Utsman bin Affan
Alokasi Waktu            :  1 pertemuan (2 x 15 menit)

A.      KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR
NO
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1
Menceritakan biografi Khalifah Utsman bin Affan
Menjelaskan secara singkat kelahiran, nasab dan gelar Khalifah Utsman bin Affan
2
Menceritakan berbagai keteladanan Khalifah Utsman bin Affan
1.         Menyebutkan berbagai keteladanan yang ada pada  Khalifah Utsman bin Affan
2.         Menjelaskan keteladanan yang ada pada diri Khalifah Utsman bin Affan

B.       TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Siswa dapat menjelaskan biografi singkat dari Khalifah Utsman bin Affan
2.    Siswa dapat menyebutkan keteladanan pada diri Khalifah Utsman bin Affan (rajin beribadah, dermawan, rendah hati, adil kepemimpinan)
3.    Siswa dapat menjelaskan satu per satu keteladanan pada diri Khalifah Utsman bin Affan (rajin beribadah, dermawan, rendah hati, adil kepemimpinan)

C.      MATERI PEMBELAJARAN
1.         Biografi Khalifah Utsman bin Affan
Usman bin Affan lahir pada tahun 573 M di Kota Mekkah, bertepatan tahun keenam setelah kelahiran Nabi Muhammad saw. Ayahnya bernama Affan bin Abu Ash bin Umayyah bin Abdul Syam bin Abdul Manaf  bin Qusayyi. Ibunya bernama Urwah binti al-Baidak bin Abdul Muthalib bin Hasyim bin Abdul Mamaf bin Qusayyi. Garis keturunan Utsman bin Affan bertemu dengan garis keturunan Nabi Muhammad saw, yaitu bertemu pada Abdul Manaf bin Qusayyi. Dengan demikian, Utsman berasal dari suku Quraisy. 
Utsman bin Affan diberi gelar Dzunnurain Walhijratain yang berarti dua cahaya dan dua hijrah karena Utsman adalah sahabat kesayangan Rasulullah, sehingga ia sampai dinikahkan dengan putri Rasulullah yang bernama Ruqayyah. Ketika tekanan dan siksaan kepada umat Islam semakin keras, Rasulullah memerintahkan Utsman dan istrinya hijrah ke Habsyi. Pada saat umat Islam hijrah ke Madinah, Utsman serta Ruqayyah ikut serta. Ketika Ruqayyah meninggal dunia, Utsman dinikahkan dengan Ummu Kulsum, putrid Rasulullah yang lain.
2.         Keteladanan Khalifah Utsman bin Affan
a.         Dzun-Nurain yang Rajin Beribadah
Tujuan penciptaan kita di dunia ini adalah untuk beribadah kepada Zat Yang Maha Pengasih. Utsman bin Affan termasuk salah satu hamba Allah SWT yang rajin beribadah. Ia adalah orang yang sangat takwa, banyak melakukan shalat, puasa, dan rajin membaca Al-Qur’an. Seperti itulah kehidupan Utsman, ia sibuk beribadah sepanjang malam. Ia bersujud, ia merasa khawatir akan kehidupannya di akhirat. Dan ia selalu mengharap rahmat Allah SWT.
b.        Dzun-Nurain yang Dermawan
Derma atau sifat selalu ingin memberiadalah sifat yang sangat terpuji. Allah SWT menyukai sifat itu dan mencintai orang yang mempunyai sifat itu. Dan Utsman bin Affan termasuk golongan orang yang dermawan. Semua harta kekayaanya digunakan untuk pengembangan agama Islam.
c.         Dzun-Nurain yang Rendah Hati
Utsman bin Affan adalah orang yang sangat tawadhu dna rendah diri. Selain itu ia juga orang yang lembut dan tidak sombong terhadap keluarga serta pembantunya.
d.        Dzun-Nurain yang Adil Kepemimpinannya
Utsman bin Affan adalah orang yang mempunyai hati lembut, penyayang, selalu berbuat baik pada rakyat, dan selalu melakukan hal yang terbaik untuk rakyatnya baik dalam urusan dunia maupun urusan akhirat. Karena kehalusan dan kelembutannay kepada tiap orang, ada sebagian orang bodoh yang menggunakan kondisi ini untuk membangkang kepadanya. Setiap hari Jum’at, Utsman selalu keluar menemui rakyatnya, menanyakan tentang perjalanan mereka, kabar dan keadaan mereka, serta keadaan orang-orang yang sakit di antara mereka.


D.      METODE PEMBELAJARAN
1.         Ceramah
2.         Tanya Jawab

E.       SUMBER BELAJAR
1.         Buku teks siswa SKI SMP kelas VII
2.         Buku Mari Mengenal Khulafaur Rasyidin, GEMA INSANI

F.       MEDIA PEMBELAJARAN
1.         Laptop
2.         LCD Projector
3.         Papan Tulis
4.         Spidol

G.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.      Pendahuluan ( 5 menit )
a.       Guru membuka  pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang siswa dengan penuh khidmat.
b.      Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran .
c.       Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan materi pelajaran.
d.      Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
2.      Kegiatan Inti ( 20 menit )
a.      Mengamati
·           Mengamati dan mencatat terhadap hal-hal penting dari tayangan LCD
b.      Menanya
·           Guru mengajukan pertanyan kepada siswa yang belum jelas dari pengamatan terhadap tayangan LCD
3.      Penutup ( 5 menit )
a.       Guru meminta siswa untuk mengambil kesimpulan tentang materi yang dibahas.
b.      Guru memberikan reward kepada siswa yang mapu menjawab pertanyaan yang diberikan dengan benar.
c.       Guru menutup pembelajaran dengan doa bersama yang dipimpin oleh seorang siswa.

H.      PENILAIAN
Sikap Spiritual
a.       Teknik Penilaian         :  Penilaian Diri
b.      Bentuk Instrumen      :  Lembar penilaian diri
c.       Kisi-kisi                      :
NO
Sikap/nilai
Butir Instrumen
1
Meyakini bahwa Utsman bin Affan dinikahkan dengan putri Rasulullah yang bernama Zainab dan Fatimah
Terlampir
2
Meyakini bahwa Utsman bin Affan lahir pada tahun 573 M di Kota Mekkah
Terlampir
3
Meyakini bahwa Utsman bin Affan diberi gelar Dzunurain Walhijratain
Terlampir
4
Meyakini bahwa kegiatan Utsman bin Affan di siang hari adalah beribadah dan di malam hari tidur
Terlampir
5
Meyakini bahwa seluruh harta kekayaan Utsman bin Affan digunakan untuk kepentingan pribadi
Terlampir


Jakarta, 31 Oktober 2013
Mengetahui                                                                                         Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah                                                                                   Sejarah Kebudayaan Islam
     

                                                           
                                                                                                                                                                    NIP       
                                                                                                             NIP ....


LAMPIRAN

Nama Siswa                     :                                              
Kelas / Semester               :  VII / Ganjil
Teknik Penilaian               :  Penilaian Diri
Penilai                              :  Lembar penilaian diri

NO
PERNYATAAN
SETUJU
RAGU-RAGU
TIDAK SETUJU
1
Utsman bin Affan dinikahkan dengan putri Rasulullah yang bernama Zainab dan Fatimah



2
Utsman bin Affan lahir pada tahun 573 M di Kota Mekkah



3
Utsman bin Affan diberi gelar Dzunurain Walhijratain



4
Kegiatan Utsman bin Affan di siang hari adalah beribadah dan di malam hari tidur



5
Seluruh harta kekayaan Utsman bin Affan digunakan untuk kepentingan pribadi




JUMLAH SKOR




KETERANGAN
NILAI


Setuju
=  Skor 3
Total Skor


Ragu-Ragu
=  Skor 2
… x 100 =


Tidak Setuju
=  Skor 1



CATATAN :








                             , Tanggal :                  
Siswa yang bersangkutan




                  (                                                          )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar